Mengenal Hockey Air,Olahraga Unik dan Menyenangkan


Hockey Air atau yang juga dikenal dengan sebutan Octopush (di Inggris) dan UWH merupakan olahraga bawah air yang mirip dengan olahraga hockey. Biasanya, permainan ini dilakukan di kolam renang, dimana para pemain mendorong puck di dasar kolam. Tim dalam olahraga ini terdiri dari maksimal 10 anggota, dengan 6 orang yang bermain dalam pertandingan. Pertandingan terbagi dalam dua babak, masing-masing berlangsung selama sepuluh hingga lima belas menit.

Pemain dalam Hockey Air menggunakan snorkel dan harus naik ke permukaan untuk bernapas dari waktu ke waktu. Beberapa perlengkapan yang digunakan meliputi masker, snorkel, sirip, tongkat, puck, topi, sarung tangan, dan gawang. Tongkat yang digunakan memiliki panjang sekitar 30 cm, sedangkan puck lebih berat dari biasanya, sekitar 1,3 kg, agar tetap berada di dasar kolam.

Olahraga Hockey Air dikembangkan di Inggris oleh Alan Blake pada tahun 1950-an. Beliau adalah pendiri sebuah klub Aqua, dan bersama teman-temannya, mereka memainkan pertandingan pertama di Portsmouth, Inggris.

Hockey Air menawarkan pengalaman unik di dalam air, di mana kecepatan dan strategi menjadi kunci kesuksesan. Selain itu, kebutuhan untuk beradaptasi dengan pernapasan menggunakan snorkel menambahkan tantangan tersendiri bagi para pemain. Dengan perkembangan dan popularitasnya, Hockey Air semakin dikenal di berbagai belahan dunia sebagai olahraga yang menyenangkan dan menantang di bawah permukaan air.