Camel Jumping, Olahraga Khas Timur Tengah


Di padang pasir Yaman, suku Zaraniq bersaing untuk melompati unta dalam satu lompatan

Di tengah padang pasir Yaman, suku Zaraniq di pesisir barat negara tersebut memiliki tradisi unik dan menakjubkan yang mungkin hanya mereka yang melakukannya di dunia ini: melompati unta dalam satu lompatan. “Ini adalah yang kami lakukan,” kata Bhayder Mohammed Yusef Qubaisi, seorang juara dalam olahraga ini. Olahraga yang diduga telah ada sejak zaman kuno ini baru-baru ini didokumentasikan oleh Adam Reynolds, seorang jurnalis foto berusia 30 tahun dari Bloomington, Indiana.

Sejarah dan Latar Belakang

Reynolds menghabiskan enam bulan di Yaman sebelum dideportasi pada Mei lalu, kemungkinan besar karena memotret para pemimpin gerakan separatis. Secara politis, Yaman adalah negara yang bermasalah, dengan pemerintah yang represif namun lemah, yang digempur oleh pemberontak di wilayah utara dan selatan yang sebagian besar tidak memiliki hukum. Otoritas AS telah menyatakan kekhawatiran bahwa banyak anggota Al Qaeda dan teroris lainnya beroperasi di sana.

Lokasi dan Kondisi Sosial

Suku Zaraniq tinggal di Tihama-al-Yemen, sebuah dataran gurun di Laut Merah, dan mereka sebagian besar hidup dalam kemiskinan; rumah Qubaisi hanyalah sebuah gubuk satu ruangan. Untuk melihat para pemberani ini beraksi, Reynolds melakukan perjalanan di jalan tanah ke sebuah desa di tenggara kota pesisir al-Hudaydah. “Itu sangat menakjubkan,” katanya tentang atletik akrobatik tersebut. “Mereka melakukannya dengan begitu mudah dan anggun. Namun, setelah itu, saya bertanya-tanya mengapa belum ada juara lompat jauh Olimpiade dari Yaman.”

Teknik Melompati Unta

Para atlet melompati unta ini tidak sekadar melakukan aksi tanpa persiapan. Mereka menjalani latihan yang ketat dan rutin untuk memastikan mereka bisa melompati unta dengan aman dan sukses. Latihan ini mencakup berbagai teknik lompat, penguatan otot, serta latihan keseimbangan. Keseimbangan dan koordinasi adalah kunci utama dalam melompati unta, mengingat ketinggian dan ukuran hewan tersebut.

Peralatan dan Pakaian

Tidak seperti olahraga modern lainnya yang memerlukan peralatan canggih, melompati unta dilakukan dengan peralatan yang sangat sederhana. Para pelompat biasanya hanya menggunakan pakaian tradisional yang memungkinkan mereka bergerak dengan bebas. Mereka tidak menggunakan alat bantu seperti tiang atau trampolin; kekuatan dan keahlian tubuh mereka menjadi satu-satunya alat bantu.

Proses Melompati

Proses melompati unta biasanya dimulai dengan persiapan mental dan fisik. Para pelompat akan berlari sejauh beberapa meter sebelum akhirnya melompat. Lompatan ini harus dilakukan dengan kecepatan dan ketepatan yang tinggi agar bisa melompati unta dengan sukses. Unta yang dilompati biasanya dalam posisi berdiri tegak, memberikan tantangan tambahan bagi para pelompat.